Banner 468

Aplikasi Komputer - Chapter 1

Posted by Unknown on - -


Mata Kuliah : Aplikasi Komputer

Hari : Selasa, 3 September 2013
Jam : 10.30 - 12.10
Dosen : Dicky Supriatna S.Kom, M.TI
Penulis : 201350270 - Maria Natasha Cynthia Dewi



A World of Computers



 

Apa itu Komputer ?

Ternyata kita sendiri kurang begitu mengetahui apa arti dari kata “komputer” itu sendiri. “Komputer” berasal dari bahasa latin yaitu “computare” yang artinya menghitung. Dalam bahasa inggris disebut “to compute”. Beberapa definisi tentang komputer :



 Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer)
Komputer adalah suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
• Menerima input
• Memproses input tadi sesuai dengan programnya
• Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
• Menyediakan output dalam bentuk informasi.



 Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders) :
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).


Menurut buku Computer Organization (V.C.Hamacher, Z.G.Vranesic, S.G.Zaky)
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.


Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M.Fuori) :
Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.


Secara umum definisi komputer adalah perangkat elektronik, beroperasi di bawah kendali instruksi yang tersimpan dalam memori sendiri, yang dapat menerima data, mengolah data sesuai dengan aturan yang ditetapkan, membuat hasil, dan menyimpan hasil untuk penggunaan masa depan.

 



            SIKLUS PENGOLAHAN INFORMASI





Data adalah kumpulan item yang belum diproses, yang dapat mencakup teks, angka, gambar, audio, dan video.
Informasi adalah data yang sudah diolah sehingga memiliki makna dan dapat digunakan oleh orang (pengguna komputer).
Proses adalah langkah untuk mengubah data ataupun kumpulan data menjadi informasi.



KOMPONEN – KOMPONEN KOMPUTER

Komputer mengandung banyak listrik, elektronik, dan komponen mekanik yang dikenal sebagai hardware.

     1. Input Device (Perangkat Input)

perangkat input adalah setiap komponen hardware yang memungkinkan Anda untuk memasukkan data dan instruksi ke dalam komputer. Atau dengan kata lain, input device adalah alat perangkat keras yang memiliki fungsi untuk memasukan suatu data/perintah ke dalam komputer. Data yang dimasukan akan segera di proses oleh sistem yang ada pada komputer.
Contoh Alat Input :
·         Mouse
     
Adalah alat yang digunakan untuk menggerakan pointer pada sebuah sistem,biasanya memiliki 3 tombol default masing-masing tombol memiliki fungsi sendiri-sendiri di desain untuk mempermudah pengguna komputer menavigasi suatu sistem, software pada komputer sebagai alat input data selain keyboard, karena bentuknya menyerupai seekor tikus maka alat tetikus ini diberi nama Mouse.


·         Keyboard

Merupakan alat input utama yang berfungsi mengimput data berupa karakter huruf, angka, symbol dan perintah-perintah lainnya. Agar user (pengguna komputer) dapat membuat suatu file project dengan tujuan tertentu dalam komputer.
 

·         Scanner
Berfungsi sebagai untuk mengambil dan menggandakan gambar, mengcopy file yang sudah ada untuk di masukan ke dalam komputer. Hampir sama dengan mesin foto copy hanya saja pada scanner inputnya berupa data digital disimpan terlebih dahulu.Kalau foto-copy biasa langsung mencetak file di kertas.



·         Joystick
Merupakan alat yang di rancang untuk mempermudah pengguna komputer mengontrol software atau aplikasi berbasis Game maupun Simulasi, sepertinya halnya stick pada consule Game PS, PS2, X-BOX maupun Nitentdo.





·         Microphone
 
Microphone adalah alat yang terdiri dari membran sebagai penangkap getaran bunyi, lilitan kawat tembaga dan magnet sebagai pengubah getaran menjadi arus lisrtik. Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi arus listrik.

    

      2.  Output devices ( perangkat output ) 

Output Device berfungsi mengeluarkan data yang telah di inputkan oleh perangkat Input Device. sebagai hasil final tampilan dari data/perintah yang telah di proses oleh sistem komputer. output yang di keluarkan bisa dalam berbagai bentuk misalnya gambar, huruf, angka, symbol dan suara.
Contoh output devices :
·         Monitor
Perangkat output memiliki tugas menampilkan aksara atau image tampilan gambar yang    sebelumnya telah di proses oleh VGA (Video Graphics Adapter). tanpa monitor sudah pasti kita tidak bisa melihat hasil dari alat input. 








-    Printer
 
Bertugas untuk mencetak dan menggandakan suatu data berupa dukumen word maupun gambar untuk selanjutnya di cetak pada kertas.




·         Speaker
Alat Output yang memiliki fungsi mengeluarkan suara berupa file audio (mp3, wave dll) maupun manusia. setelah di proses oleh sound card dalam komputer.







     
  -       Projector
Hampir sama dengan tugas Monitor hanya saja infocus tidak langsung menampilkan gambar, melainkan gambar yang ada terlebih dahulu di pantulkan ke tembok atau papan baru bisa di lihat hasilnya, biasanya digunakan untuk mempersentasikan suatu tugas/proyek karena gambar yang dihasilkan jauh lebih besar ketimbang monitor.


      3. Sistem unit

unit sistem adalah tempat yang berisi komponen elektronik dari komputer yang digunakan untuk mengolah data.
sirkuit dari unit sistem biasanya merupakan bagian dari atau terhubung ke sebuah papan sirkuit yang disebut motherboard. Dua komponen utama pada motherboard adalah prosesor dan memori.


Processor yang biasa disebut CPU ( Central Processing Unit ), adalah komponen elektronik yang menerjemahkan dan melaksanakan instruksi dasar yang mengoperasikan komputer.
Memori  adalah Komponen elektronik yang menyimpan :
– instruksi yang menunggu untuk dieksekusi oleh processor
– data yang dibutuhkan oleh instruksi tersebut
– Hasil pemrosesan data  


      4. Storages devices ( perangkat penyimpanan )

Perangkat penyimpanan menyimpan data , instruksi, dan informasi untuk pengunaan mendatang.
Contoh perangkat penyimpanan :
1.       Floppy Disc (Disket)
2.       Hardisk
3.       CD R/RW, DVD R/RW
4.       USB 


     5. Communicatons devices ( perangkat komunikasi )
Adalah komponen perangkat keras yang memungkinkan komputer untuk mengirim dan menerima data, instruksi, dan informasi ke dan dari satu atau lebih komputer atau perangkat mobile. Komunikasi terjadi melalui kabel, saluran telepon, jaringan radio selular, satelit, dan media transmisi lainnya.



KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MENGGUNAKAN KOMPUTER

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN KOMPUTER:
  1. Speed : Komputer memiliki komponen-komponen yang dapat menjalankan instruksi dengan sangat cepat.
  2. Reliability : komponen - komponen elektronik  dalam komputer modern dapat diandalkan dan dipercaya.
  3.  Consistency : jika diberikan input dan proses yang sama, komputer akan memberikan hasil yang sama ( konsisten ).
  4.  Storage : komputer dapat segera mentransfer data dari penyimpanan ke memori, memprosesnya, dan kemudian menyimpannya untuk penggunaan mendatang.
  5. Communications : sebagian besar komputer sekarang ini dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya, seringkali secara nirkabel (wireless).

KERUGIAN MENGGUNAKAN KOMPUTER :
  1. Health risks ( resiko kesehatan ) : menggunakan komputer lama atau tidak benar dapat menyebabkan cedera atau gangguan dari tangan, pergelangan tangan, siku, mata, leher, dan punggung.
  2. Violation of privacy ( pelanggaran privasi ) : banyak sekali data-data yang disimpan ke dalam komputer yang merupakan privasi bagi seseorang. Dan data tersebut tidak dilindungi dengan baik sehingga dapat dicuri ataupun diketahui oleh orang lain.
  3. Public safety (keselamatan publik) : remaja, anak-anak, maupun orang tuan di seluruh belahan dunia menggunakan komputer untuk berbagi foto mereka, video, musik, jurnal, dan informasi pribadi lainnya. Banyak orang yang sudah menjadi korban tindakan kriminal oleh orang asing terutama di jejaring sosial.
  4.  Impact on labor force ( dampak terhadap angkatan kerja ) : banyak perusahaan- perusahaan besar yang sudah menggunakan tenaga computer dan tidak terlalu membutuhkan tenaga kerja lagi sehingga berdampak pada angkatan kerja.
  5.  Impact on environment ( dampak terhadap lingkungan ) : proses manufaktur komputer dan limbah komputer menguras sumber daya alam dan mencemari lingkungan.
           
Green computing: mengurangi listrik yang dipakai dan limbah lingkungan yang dihasilkan saat menggunakan komputer. Strategi untuk mendukung green computing ini adalah dengan mendaurulang, memperpanjang umur komputer, mengatur proses manufaktur ( hemat listrik), mendonasikan.



NETWORKS AND THE INTERNET

Networks ( jaringan ) adalah kumpulan dari perangkat komputer yang salig terhubung secara nirkabel melalui perangkat komunikasi dan media transmisi. Ketika komputer terhubung dengan jaringan itulah yang disebut online.

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Internet menghubungkan jutaan pebisnis, agency- agency pemerintahan, institusi- institusi pendidikan, dan juga individu.



BEBERAPA ALASAN ORANG MENGGUNAKAN INTERNET :


  1. Untuk berkomunikasi dan bertemu dengan orang lain. Misalnya dengan teman lama maupun     dengan orang yang baru dikenal.
  2. Untuk penelitian dan untuk mencari, mengakses informasi dan berita.
  3. Untuk berjualan/ berdagang, yang biasa disebut dengan online shop
  4. Keperluan bank dan investasi.
  5. Berpartisipasi dalam latihan online. Misalnya latihan soal- soal ujian nasional secara online.
  6. Sebagai hiburan. Misalnya untuk mencari tahu objek – objek wisata yang bagus untuk berlibur, bermain game online, menonton atau mengedit video, mendengarkan lagu, membaca majalah, komik, buku, dll.
  7.  Download video, musik, gambar.
  8. Mempublish informasi, foto, dan video.
  9. Berinteraksi dengan website, seperti website jejaring sosial missalnya facebook, twitter, soundcloud, hi5, dll.

PERANGKAT LUNAK KOMPUTER (SOFTWARE)


Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.


Software dibagi menjadi 2 yaitu : Software sistem dan Software Aplikasi

  1. Software sistem adalah yang memberitahukan perangkat- perangkat untuk saling bekerja.Software sistem dibagi menjadi 2 yaitu : Sistem operasi misalnya seperti : windows, linux,  unix, posix ,mac OS dan Program Utilitas seperti :  netware, windows eksplorer, scan disk, token R ing,
  2. Software aplikasi adalah software yang bisa dijalankan jika software sistem telah diinstall.

INSTALLING AND RUNNING PROGRAMS

Installing adalah memasang atau memasukkan dan kemudian melakukan pensettingan software agar dapat bekerja dengan komputer, printer, dan perangkat keras lainnya. Bila Anda memerintahkan komputer untuk menjalankan program yang diinstal, komputer memuatnya, yang berarti program tersebut disalin dari penyimpanan ke memori.

SOFTWARE DEVELOPMENT (PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK)

seorang programmer menyebut programmer komputer adalah seseorang yang mengembangkan perangkat lunak atau menulis petunjuk yang mengarahkan komputer untuk mengolah data menjadi informasi.

KATEGORI DARI KOMPUTER :




  1. Personal computers :  komputer yang dapat melakukan semua input, proses, output, dan kegiatan penyimpanan dengan sendirinya. Personal komputer terdiri dari processor, memori, input device, output, dan storage device.                           
  2. Mobile computer : komputer yang dapat dibawa kemana-mana. Contohnya : laptop, notebook.
  3. Mobile device : hampir sama dengan mobile computer hanya lebih kecil dan dapat digenggam di tangan. Contoh : smart phones, ipod, digital camera
  4. Game consoles : alat komputasi mobile yang dirancang untuk single player atau multi player.



  5. Servers : mampu mengendalikan akses-akses para user untuk pembagian hardware dan software.
  6. Mainframes : komputer yg cukup besar dari sisi ukuran, harga dan kemampuan yang mampu menangani ratusan sampai ribuan user yang terkoneksi terus-menerus.
  7. Supercomputer : komputer yang paling cepat dan paling powerful memungkinkannyauntuk memproses lebih dari 1 triliun instruksi dalam 1 detik. Biasa untuk riset senjata, ramalan cuaca, riset energi nuklir.
  8. Embedded computers : komputer yang diterapkan ke dalam sebuah alat yang lebih besar misalnya GPS di dalam mobil.

ELEMEN SISTEM INFORMASI :

  1. Hardware

  2. Software

  3. Data 

  4.  People

  5. Procedures

     MACAM-MACAM PENGGUNAAN KOMPUTER

    1. pengguna di rumah
      contoh : manajemen keuangan pribadi , akses web, komunikasi, entertainment
    2. kantor kecil / pengguna kantor rumah
      contoh : mencari informasi , mengirim dan menerima email, membuat panggilan telepon
    3. pengguna mobile/ ponsel
      contoh : terhubung dengan komputer lain dalam jaringan atau internet, transfer informasi, bermain games video , mendengar musik , menonton film .
    4. power user
      contoh : bekerja dengan multimedia, menggunakan perangkat lunak industri terntentu
    5. pengguna perusahaan
      contoh : berkomunikasi antar karyawan, mengolah transaksi volume tinggi, blog



      APLIKASI KOMPUTER DALAM MASYARAKAT

      1. pendidikan
      2. keuangan
      3. pemerintah 
      4. perawatan kesehatan
      5. sains
      6. penerbitan/ publikasi
      7. travel
      8. produksi (pabrik)


Categories: